Ekonom Rakyat


posted by merah langit

No comments


entah apa yang membuat gw semangat menulis di pagi ini (karena biasanya paling males menulis)..mungkin yang tepat karena shock kali ya..yup bener shock yang gembira. pagi ini gw kaget aja.,maklum sebagai PNS tanggal muda terima gaji..tapi ambles dalam sedetik bayar cicilan dan tagihan..heehhe benerlah istilah tiap tanggal lima bahwa kondisi keuangan udah koma (heehe gak semua ya mybe saya saja nih).

kantor gw kalo gaji masuk rekening B*I sedangkan TKPKN Man*i*i..tulisan gw pagi ini karena didasari kebijakan berbeda dari dua bank ini. gw tadi pagi di BRI ada saldo 133.000. sedangkan atm B*I deket rumah pecahannya cuman 100.00..waduh piye iki sedangkan kantong dah tipis.akhirnya nekat gw tarik aja cepek.eeh gak taunya berhasil..seneng gw bukan kepalang..karena di bank Man*i*i cepek adalah saldo minimal yang harus ada. timbul pikiran iseng gw selama naik motor ke kantor.

gila ni bank..ngaku aset terbesar tapi zolimnya besar juga. bayangin satu nasabah nahan cepek jika ada 100.000 nasabah aja berapa miliar uang dia kumpulin dan bisa diputar ke kredit. gw cuman dapat bunga paling 2% atau gak lebih dari 1000 tip bulan. tapi dia salurin ke nasabah bunga kreditnya paling rendah mybe 9% sampai 13%. gila ini udah gak bener..ini bentuk penjajahan baru (meski secara aturan BI di bolehin gak ya?). yang nikmatin hasil keringatnya ya cuman pihak yang naruh deposito dengan bunga 7% (14 bank) atau lebih..dan pihak bank (karyawan dan pemegang saham).

bagi gw uang cepek tuh cukup gede. coba uang cepek gw beliin beras..kalo bini gw biasa beli yang cap topi Ko*i itu dah dapat sepuluh Kg..bisa untuk hampir sebulan. tapi direnggut begitu aja ama tuh bank. kalo gak bisa narik karena atm dah gak ada pecahannya lagi sih gak papa..ini pecahan 50.000 ama 100.000 masih bejibun. wak kembali terbersit di pikiran gw..zolim dasar penjajah, kenapa ya TKPKN gak di bank B*i semua aja. akan ngaruh gede buat gw.maklum gerakan ayo ke bank mungkin sepi peminat kali jika begini terus. lha cepek buat tukang sayur, tukang minyak apalagi tukang bajaj..bukan uang kecil (gw aja ngerasa gede bgt).

akhirnya seiring roda motor gw yang terus melaju..masih nyampe semanggi..tapi pikiran usil ini berpindah lagi..wah gila ni bunga kredit sekarang rata-rata 9% ampe 13%..bunga tabungan gw cuman 2%..wah bunga tinggi ini yang nikmatin yang cuman pemilik uang banyak dalam bentuk deposito, bank dan pemegang sahamnya. jadi ingat pelajaran pas UPKP kemarin. jika suku bunga termasuk instrumen moneter. wah coba diturunin kayak di amrik sono yang bunga tabungan dan deposito hampir 0%..berarti suku bunga kredit akan turun nih. jika menilik ekonomi kita tumbuh karena konsumsi dalam negeri ini akan sangat positif sekali (gak tahu kenapa ya bangsa kita ini konsumtif sekali termasuk gw bela-belain kredit buat beli gadget misalnya atau mobil baru), berarti harga barang akan turun karena cost produksi yang salah satunya bunga kredit turun (wak ekonomi tinggi bukan krena pungli aja tapi kredit kita juga mahal).

artinya harga penjualan barang pun akan turun. contoh jika bank ngasih pinjaman modal kerja buat indofood selama ini bunganya 9%..turun jadi 2% wah harga indomie akan turun, buat anak kost ini berkah.jika biasanya di warung bubur indomie 5000 pake telor jadi cuman 2000. sisanya saving buat jalan-jalan atau beli gadget (hehehe gadget lagi). atau kredit investasi perusahaan sawit dari bunga 13% turun jadi 5% jadinya harga jual cpo akan turun ujung2nya harga minyak goreng gak 9000 lagi.mybe 5000. mak gw akan seneng nih.

kesimpulannya harga barang-barang akan turun, masyarakat akan ada saving yang notabene bisa untuk konsumsi produk-produk lain atau ditabung (kembali ke bank juga). jika konsumsi barang naik maka produsen akan ekspansi yang ujung-ujungnya menyerap pengangguran.akhirnya balik lagi konsumsi naik (ekonomi akan tumbuh terus toh yakin gw indonesia bisa tembus double digit nih). pemerintah juga untung nih. karena masyarakat dah ada saving yah kurangi aja subsidi sedikit-demi sedikit. misal BBM aka bensin jadi 6000. saving dari subsidi kan bisa buat pembangunan infrastruktur (kalo gw presidennya gw beli alutsista yang banyak biar tetangga kita gak resek lagi).

selain itu dengan tingkat suku bunga yang rendah pemerintah kan akan menerbitkan sun dengan bunga rendah juga.ujung2nya saving lagi. pemerintah bisa ekspansi lagi.
akhirnya nyampe kantor pikiran gw ditutup dengan pemikiran...kenapa hal ini gak dilakukan?? apa karena pemegang wealth indonesia yang 5% jumlahnya gak rela ya?? apalagi mereka rata-rata punya beking politik yang kuat. toh kebijakan ini akan memeratakan pendapatan rakyat kan?? yang ujung-ujungnya maslahatnya lebih dinikmati oleh manusia indonesia yang jumlahnya 240.000.000 itu daripada orang kaya yang jumlahnya cuman seiprit itu.

gw yakin jika sektor riil bergerak kencang..arus modal tetap akan masuk ke indonesia walau suku bunga turun..bayangin cing negara yang kaya raya siapa yang gak mau usaha..hasil laut masih melimpah gak dieksplor..belum SDA dan jumlah rakyatnya yang masuk 10 besar dunia ditambah sifatnya yang konsumtif siapa yang gak tergiur..

akhirnya mbohlah..pemerintah atau siapapun ini bener2 mihak wong cilik gak ya? atau kita masih dijajah atau otak gw yang masih cetek kali ya gak paham ekonomi yang mumet bin njelimet ini.
Share tulisan Mas Nanang Arifin
Copas dari milis alumni STAN

Leave a Reply